media komunikasi dan informasi

Kamis, 17 Mei 2012

DESA CIGEDUG



Kantor Kecamatan Cigedug
Jl. Raya Cigedug No.1 Kp. Cigedug Tonggoh RT/RW. 03/09 Ds. Cigedug Telp.(0262)  577269 Cigedug- Garut

Camat :
Odik Sodikin, S.Sos, M.Si

Data Terakhir :
Profil Cigedug 2011


KONDISI OBYEKTIF DESA CIGEDUG
A. Sejarah Singkat Desa Cigedug
Sebutan cigedug berasal dari dua suku kata yakni ci dan gedug, ci artina cai/air yang bermakna kehidupan dan gedug berasa dari kata gegedug yang disederhanakan menjadi gedug dan memiliki arti tokoh yang paling berpengaruh atau disegani di suatu tempat.
Silsilah nama tersebut erat kaitannya dengan ikon desa itu sendiri yakni pesantren dan hasil alamnya. Berton ton hasil pertanian dijual ke luar kota menjadikan desa cigeud salah satu bagian penting pemasok kebutuhan masyarakat kan ketersediaan hasil alamnya. Desa cigedug juga telah menjadi desa binaan KUD Mandiri Bayongbong yang telah konsis menyumbangkan kebutuhan akan susu sapi murni yang di kirim ke Jakarta untuk dijadikan susu kaleng yang memiliki pangsa pasar nasional. Tidak heran kalau desa ini ternama karena memang desa ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan desa desa lainnya.
Desa cigedug sudah berdiri sejak jaman pejajahan. Pada tahun tahun setelah kemerdekaan desa ini berada dalam wilayah administratif Kecamatan Cisurupan dan pernah juga bergabung menjadi bagian dari Kecamatan Bayongbong dan hingga akhirnya pada tahun 2005 Desa Cigedug menjadi ibu kota kecamatan baru yakni Kecamatan Cigedug.
Selama kami melaksanakan kuliah kerja nyata di wilayah tersebut di dapati mesjid mesjid dan pesantren pesantren yang berdiri kokoh dan cukup modern. Tidak kurang dari 25 mesjid menghiasi sudut sudut desa cigedug tidak pernah telat mengumandangkan syi’ar islam, di tambah 8 pesantren yang masing masing memiliki santri tidak kurang dari 150 orang santri menambah citra cigedug yang ternama.
Selama berdiri desa cigedug sudah mengalami beberapakali pergantian kepemimpian dan diantaranya adalah :
NO.
Nama Kepala Desa
Masa Jabatan
Alamat
1
Tarmedi
8 tahun
Kp. Areng
2
R. Enjen
8 tahun
Kp. Barusuda
3
R. Amin
8 tahun
Kp. Barusuda
4
Karim
5 tahun
Kp. Ciredey
5
Yaya
5 tahun
Bayongbong
6
Uyun
8 tahun
Desa Kolot
7
Oom Kommalawati
8 tahun
Cisonari
8
Cecep
5 tahun
Desa Kolot
9
Basit Abd Qodir
5 tahun
Baru Kai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar